Macam-macam Jenis Kaca interior dan Eksterior



secara umum jenis kaca exterior dgn grade standar yg beredar al.:
1. Kaca ( Clear ) Float, tebal min. 4mm
2. Kaca Laminate, yi dua lapis kaca digabung dan terdapat lapisan di tengahnya, tebal min. 5+0.38+5mm alias 10mm
3. Kaca Double, yi dua lapis kaca digabung dan terdapat ruang vakum ditengahnya, tebal min. 5+5+5mm alias 15mm

Sedangkan kaca yg mungkin kita kenal sbg kaca riben pd dasarnya adalah kaca (clear) float yang diberi pelapis reflekif di pabriknya atau kemudian dikenal dgn nama kaca reflekif. Untuk produk dr sebuah produsen kaca tertentu disebut kaca Stopsol. Jadi langsung aja beli kaca reflektif bukan kaca float biasa kemudian dikasi lapisan film. Setau saya lapisan film itu dipake utk ngatasi kondisi darurat. Misalnya sudah terlanjur pasang kaca tertentu, ternyata kita ga cocok dgn hasilnya, misal ruangan jadi terlalu terang/tampak dr luar kalo lampu di dlm dinyalakan, atau sinar matahari terlalu byk masuk ke dlm ruangan, sementara kita ga mau ganti/lepas itu kaca, maka barulah dipake lapisan film utk mengurangi sinar matahari yg masuk dan kesan dlm ruangan jadi lebih teduh.

Kalo agan pake frame aluminium, tebal kaca exterior yg ideal bisa 5 atau 6mm bahkan 8mm, tergantung ukuran lebar dan tingginya. Sementara kalo ga pake frame alias frameless bisa pake kaca tempered min 10mm, juga tergantung ukuran lebar dan tinggi.

Utk rumah modern, apalagi yg minimalis, saran saya pake kusen aluminium. Krn selain tampilannya modern, alum juga ringan, tahan lama, mudah perawatan, dan bisa tampil modis dgn macam warna. Bahkan bisa diberi pelapis dgn kesan kayu. Tp ga usah pake kesan kayu kali ga kalo sdh pake aluminium he he...