Mengenal jenis Kayu Lapis - Triplek di Malang

Ekspor Kayu Lapis Tertekan Perang Dagang - Ekonomi Bisnis.com

Triplek atau Kayu Lapis Merupakan Material yang terbuat dari beberapa helai kayu tipis yaitu Venir yang dijadikan 1 dengan serat kayu yang bervariasi, sehingga menjadi sebuah papan yang lebih tebal. Berikut beberapa Jenis Triplek dengan berbagai macam Kegunaan, diantarnya :

1. Partikel board
Jenis ini terdiri dari susunan serbuk kayu yang dipres dan diolah menjadi lempengan kayu yang bisa digunakan untuk beragam keperluan. Karena bahan utamanya adalah serbuk kayu yang dipres, jenis ini memiliki kekurangan yang sangat mendasar, yaitu tidak boleh terkena air. Pasalnya, jika serbuk kayu dalam partikel boar terkena air, strukturnya akn rusak dan berdampak pada penurunan kualitas partikel board itu sendiri.

2. Blockboard
Blockboard merupakan jenis tripleks yang solid. Terdiri dari 3 lembar kayu yang disusun jadi satu. Susunan paling luar merupakan susunan yang paling tipis dengan ketebalan sekitar 0,5 – 2 mm. Sedangkan lapisan paling dalam terdiri dari 1 lapisan kayu yang paling tebal.
Karena jenis kayu lapis ini adalah jenis yang solid, maka kayu ini pun tidak bisa digunakan sebagai hiasan rumah dengan bentuk lengkung atau sejenisnya. Namun jenis kayu lapis ini masih bisa digunakan sebagai bahan utama pembuatan furniture, seperti lemari, meja, atau semacamnya.

3. Multiplek
Salah satu jenis tripleks terbaik ini merupakan jenis yang paling sering digunakan. Lapisannya yang tebal dan kuat membuat jenis ini sering digunakan sebagai bahan utama pembuat furniture, hiasan rumah, atau pun yang lainnya. Multiplek sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yang pertama adalah soft wood, dan yang kedua adalah hard wood.
Sesuai namanya, soft wood merupakan jenis multipleks yang terdiri dari susunan kayu lunak, seperti Albasia atau Angsana. Bobod soft wood juga cukup ringan jadi sangat cocok jika digunakan sebagai bahan baku furniture.
Di samping soft wood, jenis multipleks yang paling sering digunakan lainnya adalah hard wood. Hard wood sendiri terdiri dari lapisan kayu solid yang kuat dan kokoh. Dengan kata lain, jenis kayu tripleks atau multipleks ini cocok untuk furniture atau perabotan rumah.

4. Teablock

Teablock atau papan kayu jati merupakan jenis kayu yang sering digunakan sebagai pelapis blockboard atau multipleks. Serat dan coraknya yang khas membuat kaya ini sering digunakan sebagai kayu pelapis. Selain itu, kekuatan dan ketahanannya dinilai cocok untuk bagian luar lapisan.

5. Medium Density Fiberboard
MDF atau Medium Density Fiberboard merupakan papan yang terbuat dari serat kayu. Dimana bahan baku pembuatannya sendiri terdiri dari serat kayu lunak dan keras yang dicampur dengan lem dan lilin, lalu dipres menggunakan alat pres yang bertekanan tinggi sehingga membentuk kayu yang kokoh dan kuat.
Fungsi dari jenis tripleks ini tidak jauh berbeda dengan multipleks atau pun partikel board. Hanya saja, jika dibandingkan dengan keduanya, jenis papan kayu ini terbilang lebih kuat dan tahan lama.

6. Melaminto
Melaminto merupakan salah satu Plywood yang paling cantik dan sering digunakan. Dengan corak dan warna yang beragam membuat jenis kayu lapis ini cocok untuk furniture anak, seperti lemari, kitchen set, white board, atau pun semacamnya. Adapun untuk warnanya sendiri terdiri dari merah muda, putih, hijau muda, biru muda, dan krem. Sedangkan untuk ketebalannya, Melaminto memiliki ketabalan sekitar 2 – 3 mm.


"Itulah jenis-jenis tripleks lengkap dengan beragam kegunaanya. Dengan tekstur yang unik dan ketahanan yang baik, Material Triplek sangat dianjurkan untuk digunakan, khususnya bagi Anda yang ingin membuat furniture dan dekorasi rumah."




Info Pemesanan


MEGATruss Global


Kontak


085334439900 / 085655400004

Phone & Fax : 0341 - 754253

Email : megatrussglobal@yahoo.com



Jl. Mayjend Sungkono 88 depan Gor Ken Arok Buring Kota Malang


Jam Operasional

08.00 - 16.00

Hari Minggu & Tanggal Merah Libur
(Silahkan Tinggal Pesan Di WhatsApp)